Yuk, Mari Mengenal Sejarah Desa Tagungguh


Desa Tagungguh terletak sejauh 42,3 km dari kota Bangkalan dan 5 km dari Kecamatan Tanjung Bumi. Desa Tagungguh berada di kawasan pantai utara pulau Madura yang memiliki luas wilayah 497,273,65 Ha, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa lainnya yakni seperti Desa Tlangoh sebelah utara, Desa Dupok sebelah selatan, Desa Plangiran sebelah barat dan Desa Bandang Dajah sebelah timur.

Pada jaman kerajaan dahulu.Sebelum nama desa Tagungguh. Ada seorang yang hidupnya sangat sederhana. Dari kesederhanaannya masyarakat sekitarnya tunduk dan patuh kepadanya, kesehariannya tokoh tersebut selalu bercocok tanam.Pada saat musim kemarau tanaman tersebut diserang oleh Hama, pada saat itu tokoh tersebut meminta pertolongan pada Allah SWT. Dengan pertolongan Allah SWT. Melalui mimpi supaya ditaburkan “ Tongguh “. Kemudian dari tanaman tersebut akhirnya berhasil. Pada saat itu juga masyarakat memberikan nama kepada tokoh tersebut dengan sebutan nama Pak. Tongguh.

Pada suatu hari pak Tongguh mengumpulkan masyarakat dan berwasiat jika nanti saya meninggal dunia saya dikuburkan di dusun TAK. Sepeninggal Pak Tongguh masyarakat sekitar memberikan nama Dusun Tagungguh. Pada jaman Belanda Dusun Tagungguh menjadi Desa Tagungguh dan pada saat itu juga Kepala Desa yang pertama dari keturunan Pak Tongguh. Sejak mulai terbentuknya Desa Tagungguh hingga saat ini, Desa Tagungguh sudah di pimpin oleh 6 pemerintah Desa dari masa-kemasa antara lain:

  1. H.DAHLAN  (36 th menjabat )
  2. H.MOCH MUNIR  ( 6 th menjabat )
  3. H.NAHRAWI ( 16 th menjabat )
  4. H.BEHRUDIN ( 32 th menjabat )
  5. MARHAYAT ( 18 th menjabat )
  6. HOTIBAH  ( 1 th berjalan dan dari istri marhayat)

Pembangunan yang dicapai selama kepemimpinan kepala desa sangat banyak perubahan mulai dari segi pelayanan sangat mendahulukan kepentingan masyarakatnya, segi keamanan sangat kondusif, sektor pertanian dan pihak pemerintah banyak memberikan bantuan sarana prasarana/ jalan dan penerangan.Pada tahun 2009 s/d 2019 desa Tagungguh menjadikan tahun keemasan karena salah satu putra Terbaik Desa telah terpilih menjadi anggota dewan Kabupaten Bangkalan

No comments:

Post a Comment

My Instagram