BIMBEL oleh KKN 99 UTM


BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI SALAH SATU PROGRAM KERJA FAVORIT KKN 99


Pendidikan adalah hak, kebutuhan dan kewajiban setiap anak. Dalam perkembangannya, banyak paradigma baru yang terbentuk  di dunia pendidikan, termasuk dalam hal metode belajar anak yang tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja. Sebagian besar orang tua memilih memasukkan putra putrinya ke tempat les private untuk menambah pengetahuan si anak.
Masyarakat desa mayoritas ekonominya menegah kebawah, sehingga tidak heran jika perkembangan di berbagai sektor berjalan sangat lambat termasuk dibidang pendidikan. Factor lain yang menyebabkan  keterbelakangan Desa adalah tingkat presentase sarana dan prasarana yang digunakan masih minim dikarenakan program  pemerintah yang tidak merata.
KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan program  pengabdian masyarakat yang mempunyai progress jangka panjang untuk kemajuan desa di berbagai sektor.  KKN Kelompok 99 Universitas Trunojoyo Madura melakukan pengabdian masyarakat di desa Tagungguh Kecamatan Tanjungbumi dengan salah satu program kerja rutinan yakni bimbingan belajar.
Menurut kelompok kami, kegiatatan bimbingan belajar ini sangat efektif untuk membantu adik-adik di desa tagungguh, sehingga sebelum sekolah dimulai adik-adik sudah mendapat bekal ilmu yang kemudian bisa di diskusiakan  dikelas, kegiatan ini dimulai sejak hari ke dua kelompok KKN 99 tiba di posko tepatnya pada tanggal  2 Juli 2019. Kegiatan bimbingan belajar dimula dari pukul 19.30-21.30 WIB dengan  tiga materi utama yakni Matematika, Bahasa Inggris dan Kesenian.
Kegiatan bimbingan belajar ini disambut baik oleh adik-adik pelajar di sekitar posko, antusiasme belajar mereka sangat tinggi karena memang pelajaran yang diajarkan merupakan request mereka sendiri dan pada waktu itu juga sekolah tengah libur seusai ujian kenaikan kelas.
Antusiasme masyarakatpun mendukung kegiatan belajar yang di adakan oleh KKN 99 yang mana perlu kita ketahui dalam  hal belajarpun adi-adik di desa tagungguh sendiri khususnya desa larangan masih mengalami kesulitan. Hal ini karena pengaruh pergaulan yang tidak seharusnya dilakukan oleh adik-adik. Sehingga dari KKN 99 memberikan suatu pemahaman kepada adik-adik dengan cara melakukan bimbingan belajar secara bertahap, sehingga adik-adik yang mengalami kesulitan dalam hal belajar dapat mengingat kembali apa yang sudah dipelajari.
Dalam bidang seni ternyata antusiasme adik-adik serta ibu-ibu sangatlah besar hal ini karena kelompok KKN 99 memberikan nuansa baru yang mana dalam bidang kesenian ini kelompok KKN 99 mengenalkan kepada adi-adik terkait tarian daerah yang seharusnya mereka ketahui sejak dini. Sehingga tidak menghilangkan budaya yang telah ada dikarenakan pengaruh tarian modern dari barat.

No comments:

Post a Comment

My Instagram