KKN 99 MENGAJAR NGAJI


Melalui kegiatan belajar mengaji, KKN 99 UTM tanamkan mindseat cinta Al-Qur’an sejak dini



Tidak hanya dalam ranah pendidikan umum, KKN 99 Universitas Trunojoyo Madura juga menyeimbangkan program kerja dalam bidang pendidikan dalam system  pembelajaran yang mengandung nilai religious. Kedatangan KKN 99 disambut baik oleh masyarakat desa Tagungguh terutama kalangan anak-anak. Melalui sebuah musholla kecil di dusun Larrangan desa Tagungguh KKN 99 berbagi pengetahuan tentang Al-Qur’an mulai dari makharijul huruf yang benar, tajwid, dan sholawat nariyah yang dibaca setelah selesai mengaji.
Kegiatan ini dimulai sejak adzan maghrib dengan melakukan sholat berjamaah dan dilanjutkan dengan belajar mengaji dengan system  setoran dengan ketentuan ayat yang ditetapkan guru ngaji. Sebelum setoran mengaji kegiatan ini  diawali dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat Yasin bersama-sama. Pada malam selasa ada tambahan surat yang biasa dibaca bersama sebelum lanjut setoran mengaji yakni surat Ar-Rahman dan Al-Waqi’ah.
Musholla sederhana namun menjadi tempat yang nyaman untuk menimba ilmu agama khususnya dalam hal belajar Al-Qur’an, kedatangan Kami (KKN 99) di Musholla ini disambut baik oleh Bapak Arwi yang merupakan pemilik musholla yang sekaligus guru ngaji.
Antusiasme adik-adik dusun larangan juga Nampak ketika terjadi peningkatan yang drastis terhadap jumlah anak-anak yang ingin belajar mengaji setiap malamnya, tak lupa kegiatan ini kami bumbui dengan nasihat pentingnya belajar Al-Qur’an sejak dini. Mengingat di desa Tagungguh ini hampir dipastikan semua masyarakatnya beraga Islam, melalui metode cerita pesan moral yang ingin kami sampaikan dapat diterima dengan baik oleh adik-adik. Semoga sedikit ilmu yang kami berikan dapat membawa manfaat untuk gerasi muda di desa ini.
Mengabdi tidak selalu tentang pengorbanan, namun berbagi meski tidak berwujud barang seperti halnya ilmu dan pengalaman merupakan pengabdian dalam progress jangka panjang. Kenikmatan tidak selalu berhubungan dengan uang, berbagi ilmu yang kita miliki dapat bermanfaat untuk orang lain juga merupakan salam satu wujud nikmat yang patut disyukuri.

No comments:

Post a Comment

My Instagram