sosialisasi kesehatan bersama warga desa tagungguh


SOSIALISASI KESEHATAN OLEH KKN 99 UTM BEKERJA SAMA DENGAN KK INDONESIA SURABAYA


Desa Tagungguh merupakan Desa dengan jumlah penduduk sekitar 5.152 jiwa. Setiap tahunnya jumlah penduduk akan selalu meningkat, persoalan-persoalan yang muncul dalam kehidupan masyarakat pun semakin beragam, salah satu masalah yang mengkhawatirkan adalah masalah kesehatan.
Masalah kesehatan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebagai institusi resminya, tapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia sendiri. Masyarakat harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.
Nyatanya dalam kesehariannya, tingkat kesadaran masyarakat akan hidup sehat masih sangat minim. Kepala Desa Tagungguh  mengatakan “sebagian besar masyarakat tidak menyadari bahwa lingkungan yang tidak terawat bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit”.
Menurut nya, tingkat pendidikan yang kurang mendukung menjadi salah satu penyebab rendahnya kesadaran kesehatan lingkungan. Oleh karena itu, pensosialisasian akan pentingnya kesehatan perlu dilakukan.
KKN 99 UTM Melaksanakan sosialisasi kesehatan yang dilakukan dengan penyuluhan ke salah satu dusun di Desa Tagungguh yaitu tepatnya di Dusun Larangan. Disamping itu KKN 99 UTM bekerjasama dengan KK Indonesia Surabaya untuk mensosialisasikan tentang kesehatan salah satunya ialah tentang kolestrol dll.
Kontribusi KKN 99 UTM dengan mengadakan sosialisasi kesehatan juga dapat dilakukan melalui hal-hal dalam skala kecil. Seperti dalam lingkungan keluarga dan tetangga mengenai dasar-dasar hidup sehat. (iin)


No comments:

Post a Comment

My Instagram